Tuesday, January 17, 2017

Setup LAN untuk Game multiplayer dengan Wifi router

age of empires 2 conqueror setup lan multiplayer wifi router

Sudah lama tidak main Age of Empire II multiplayer.

Dulu, saya main multiplayer pakai wifi access point. Salah satu laptop di set up sebagai pemancar wireless (access point) dan laptop lain bisa koneksi ke laptop tersebut. Fitur ini mudah diaktifkan di windows XP namun disembunyikan di win 8 dst.

Sekarang, di rumah ada wifi router dari speedy telkomsel, merk Huawei. Ada satu SSID (wifi-spot) yang biasa digunakan untuk akses internet dan dilengkapi password.

Ketika saya coba dua laptop terhubung ke SSID ini, koneksi LAN untuk multiplayer belum berhasil.

Lalu, saya cek dengan software WNet Watcher untuk melihat perangkat apa saja yang tersambung dengan koneksi wifi saya, hanya terlihat laptop saya dan router, laptop satunya tidak terlihat.

Lalu, saya ping lintas laptop dan gagal dengan pesan "Destination host unreachable".

Lalu, saya coba masuk ke cpanel router Huawei dan mengganti setting keamanan SSID menjadi tanpa password. Percobaan ini berhasil. Sesama laptop yang terhubung dengan router wifi kini dapat saling ping dan muncul di daftar perangkat dengan WNet Watcher. Dan koneksi LAN untuk game multiplayer sudah dapat dijalankan.

Sekian cerita. Mudah2an bermanfaat.

No comments:

Post a Comment