Sunday, January 12, 2014

PDF: Makna Wazan Isim

by: Nur Q | alfiyahibnumalik@gmail.com | 085733483101 | Surabaya | Indonesia
 
baca [pdf]
 
Tulisan ini sekedar kumpulan pengetahuan pribadi dari kitab pelajaran lalu, ceramah, internet, dll. Semoga beliau-beliau yang darinya saya peroleh ilmu, senantiasa mendapat rahmat dan berkah dari Alloh di dunia dan akhirat.
 
Sebelum mempelajari materi ini, pembaca perlu memiliki pemahaman dasar tentang:
  • Pengertian beberapa istilah dasar dalam bahasa Arab, seperti Isim, Fi’il, dan semisalnya
  • Struktur kalimat dalam bahasa Arab
  • Pengertian tentang shorof
  • Bekal hafalan tentang Tashrif
Daftar Isi:

فُعْلَ [fu’la]
فَعْلًا [fa’lan]
فَعِيْلٌ [fa’iilun]
فُعَيلٌ [fu'ailun]
فَعُولٌ [fa’uulun]

Notes: Bila artikel ini bermanfaat bagi Saudara, kami harap Saudara sedia like Facebook Fanpage kami: Masjidillah. Like dan dukungan Saudara sangat bermakna bagi kami. Terimakasih

13 comments:

  1. mohon bantuan nya ntk di benarkan/di artikan ''fayahu waya yuhu waya khoiro bari'.waya man lana arzaku min juudihi numtu.(ma'af jika di dlm majelisdzikirlembahmanah.blogspot.com) ''fayahin wayayuhin., apakah fa = maka, hu= dia(allah) khoiro bari' = sebaik2 yg mengadakan. Wa=dia, man=seseorang lana=kami, arzaqu=rezeki ,min=dari. Mohon ma'af dn terimakasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. insyaalloh, kurang lebih artinya demikian:

      "maka wahai Dia (Alloh), dan wahai Sebaik2 Pembentuk, dan wahai Dzat yg Sbaik2 Pemberi rizki bagi kami yg dari keberadaan rizki tersebut aku dapat tumbuh."

      atau

      ".... dan wahai Dzat Sbaik2 Pemberi rizki bagi kami, yg karena Kehadiran-Nya aku dapat tumbuh."

      wallohu a'lam

      Delete
    2. trimakasih bpk nur qomarudin,ntk waktu dn penjelasanya,semoga yg di ATAS memberikan blsn yg jauh lbh baik. berarti kata2itu bener2pujian bwt dia(Allah) bkn bwt dia dia yang lain(jin dn sejenisnya). Maaf jika Hu (dia/allah)(dhomah),berubah jadi Hin (khasroh tain) akan kemana artinya.?. Apakah ada kemungkinan ya (wahai) ya ayyuhalladhi(wahai orang2) dari iyyaka,,,wa iyyaka (hanya kpd Engkau,..dan hanya kpd Engkau) alfatikhah 5.maaf trll cerewet.terima kasih.

      Delete
    3. sama2 sdr Ayik,

      ttg arti dia (Alloh atau jin), yg tahu adalah yg membuat kalimat ini. sy tidak tahu kalimat ini dikarang oleh siapa atau di kitab mana.

      misal, doa2 yg mengambil dari al-Quran atau dari hadis, maka doa tersebut jelas ditujukan kepada Alloh.

      bila "dia" dlm kalimat ini ditujukan kepada Alloh, maka tidak ada masalah. tapi bila ditujukan kpd yg lain, lebih2 kpd jin, maka orang yg mengucap kalimat ini berarti memuji dan berdoa kepada jin. Perbuatan ini termasuk Syirik.

      bila sdr ragu, kalau boleh saya saran, cari saja doa2 para Nabi yg tersebut dlm al-Quran atau hadis Nabi.

      Delete
  2. trimakasih ntk waktu,saran,dn nasehat nya,smg yg d ATAS membalas jauh lbh baik. Alkhamdulillah sdh tidak bgt ragu lg,tp jjr msh ada pertanyaan. Awal nya aq ng tau apa2,dr mn,dan kata2apa. semalem ada sahabat dari jepara ngasih tau ada di kitab jaljalut,di tulis oleh zahwan anwar, di gurukan kpd syeh junaid almarkhum sanuri mbangilan jawa timur,tapi dia ng tau artinya,satu bait dari 60bait. Di sana tertulis fayahin wayayuhin waya khoirin bariin,waya man lana arzaqu min juudihi namat. ada perbedaan kata fayahu dngn fayahin, wayayuhu dngn wayayuhin, numtu dngn namat. Yg aq binggungin sktr 2005 kata yg sering aq tanyakan baik dlm hati q maupun pd orang lain adlh,fayahu fayayuhu faya khoir,,atau wayahu wayayuhu waya khoir, semuanya ke HU,. Sedangkan aq tidak tau dari mana aq dpt kata2 seperti itu. Yang paling aq takut kan seperti perbedaan kata rainah dengan ruunah.(dlm alqur an,tp ntk sekarang aq lupa, tp masih d surat albaqarah)

    ReplyDelete
  3. Alhamdulillah, semoga Alloh senantiasa menjadikan kita sebagai golongan orang2 yg dalam petunjuk dan bimbingan-Nya.

    ReplyDelete
  4. alkhamdulillallah,,semoga slalu dlm petunjuk nya pak,,.semalem ada petunjuk lagi sakjeruningurep.wordpres.com. Tapi jg tdk ada artinya. Kok beda2 penyabutan nya ya pak,misal nya jika numtu jadi namat apakah artinya akan jauh berbeda.trimakasih ya pak ntk waktunya.

    ReplyDelete
  5. numtu = saya tumbuh. namat = dia tumbuh

    bahasa arab punya ketelitian yg tinggi.
    bahkan beda panjang (mad), artinya beda 180 derajat.

    contoh selain kasus roinah,
    laaa ila ha illalloh = tiada Tuhan yg berhak disembah selain Alloh

    bila huruf la dibaca pendek

    la ilaa ha illalloh = sungguh Tuhan selain Alloh

    ReplyDelete
  6. trimaksih bpk nur qomarudin,ntk waktu,kebaikan,dn tmbh han ilmunya.smg yg d ATAS mmbls kebaikan bpk. Pdhl sering kata la ila ha illalloh di ucapkan(sprt tdk ada prbedaan pnjng pendek nya,yg d ucapkan rata2 dlm 1-2detik). Och ya pak,kalau perbedaan antara Hu dngn Hin,? (maaf,masihhh aja,dn trimakasih sblm nya).

    ReplyDelete
  7. aamiin. sama2.
    hu adalah kata ganti yg artinya dia. kata ganti yg lain: huma, hiya, hunna, anta, antum, dst.
    hin tidak termasuk di dlmnya.
    jd sy tdk tahu arti hin dlm kata "wa ya yuhin".

    ReplyDelete
  8. Mohon bantuannya pak , yg benar bacaannya fayahin waya yuhin waya khoiro bajikhin waya af lanal arzaku minjurihi namat itu benar apa salah... Soalnyaguruku yg nulis... Mohonjawabnya

    ReplyDelete