Saturday, January 24, 2015

mengapa massa partikel dinyatakan dalam eV

dulu sewaktu SMA, saya masih familiar menggunakan satuan kilogram atau gram untuk menyatakan massa atom atau partikel. Kini, dari berbagai bacaan dan tayangan seputar fisika partikel, saya mendapati bahwa massa suatu partikel sering dinyatakan dalam elektron-volt (eV), diantara yang sering saya dengar adalah massa partikel Higgs Boson adalah sekitar 125 GeV (Giga elektron-Volt).

Mengapa…? Setelah saya telusuri, ternyata tidak sepenuhnya demikian.

Sebenarnya, massa partikel itu dinyatakan dengan satuan eV/c2, namun sering disingkat dengan eV saja. c di sini adalah celeritas atau kecepatan cahaya, 300.000 km/det

eV itu sendiri adalah satuan untuk energi, 1 eV itu setara dengan 1,6.10-19 Joule.

Lalu terlintas dibenak saya persamaan legendaris Albert Einstein E = mc2. Sehingga terungkap sudah, bahwa massa itu juga bisa dinyatakan dengan

massa = energi / c kuadrat

dan dinyatakan dengan satuan eV/c2

semoga uraian ini bermanfaat

referensi

+ wikipedia.org

+ bbc horizon

No comments:

Post a Comment