Tuesday, February 28, 2017

Mading Masjidillah Feb 2017 ~ Ilmu Tanpa Belajar ~

Edisi Februari 2017 Masehi/ Jumadil Ula 1438 H / Jumadilawal 1950 Saka


Ilmu Rabbani adalah ilmu yang datangnya langsung dari Allah (swt), yaitu dengan cara datangnya ilham dan terbukanya qolbu sehingga seseorang mendapat hidayah. Ilmu yang demikian ini didapat tanpa melalui belajar. Terkadang terbukanya rahasia kebenaran di dalam qolbu seseorang sehingga ia mendapat petunjuk. Tiba-tiba ia sadar dari perbuatannya yang buruk, seketika itu bertaubat dan menjalani kehidupan yang lebih baik.
“dan orang-orang yang bersungguh-sungguh di (jalan) kami, benar2 Kami tunjukkan kepada mereka jalan-jalan Kami” [al-Ankabut 69]
Kalimat jalan-jalan Kami adalah jalan kebenaran yang terbuka setelah Allah menghendaki dan memberinya petunjuk. Sehingga di dalam qolbunya terdapat ilmu hikmah dan lahiriahnya rajin beribadah.

Rasulullah (saw) bersabda:
“Barang siapa mengamalkan apa yang telah dipahaminya pasti Allah mewariskan kepadanya ilmu yang tidak dipahaminya, dan Dia memberi petunjuk kepadanya tentang apa yang diamalkannya sehingga ia wajib masuk surga. Dan barang siapa yang tidak mengamalkan apa yang telah dipahaminya niscaya ia sesat tentang apa yang telah dipahami itu, dan Dia tidak memberi petunjuk kepadanya tentang apa yang diamalkannya sehingga ia wajib masuk neraka.”
[Terjemah Ihya Ulumuddin, Imam al-Ghozali]

No comments:

Post a Comment