Wednesday, March 29, 2017

Membaca Tanpa Harokat #1 Mengenali kata benda

Bismillah. Bagaimana seseorang bisa membaca tanpa harokat? Sepengetahuanku, salah satu sebabnya adalah mengenal pattern dan struktur bahasa Arab (grammar). For me personally, belajar bahasa Arab sangat penting karena ini bahasa kitab suci al-Quran. Ya... paling tidak, dengan pengetahuan yang terbatas ini, dikit2 membantuku memahami apa yang diucapkan pak Imam waktu sembahyang di masjid.

Saya ingin membuat gambar2 ringkas dan berlanjut tentang bahasa Arab, bukan untuk mengajari siapa2 untuk menguasai bahasanya, namun sekedar menjelaskan pattern2 tersebut. Bila ingin belajar, hendaklah mencari guru/ustadz yang mampu mengajarkannya dari awal. Mudah2an tulisan ini bermanfaat.



Gambar perdana ini adalah tentang mengenali kata benda (noun). Kita bisa mengenali kata benda dari dua ciri: diawali alif lam atau diakhiri tanwin.

General rule:
  • Semua kata yang diawali alif-lam hampir bisa dipastikan dia kata benda
  • Semua kata yang diakhiri tanwin (an-in-un) pasti kata benda
  • Semua kata yang diawali alif-lam tidak boleh diakhiri tanwin
Demikianlah aturan umumnya. Terkadang berlaku perkecualian untuk kata2 spesifik. Silakan temukan sendiri contohnya.

Silakan jawab kuisnya dalam hati masing2 :)
Alhamdulillah. Mudah2an bermanfaat.

Referensi
Dari berbagai sumber tertulis dan tidak tertulis yang saya kesulitan menuliskannya satu per satu. Semoga Allah membalas kebaikan berlipat kepada siapa saja yang saya beroleh ilmu darinya.

No comments:

Post a Comment