Saturday, May 6, 2017

Imam al-Ghazali, Kimiawan Kebahagiaan, Subtitle Indonesia


 
Bismillahirrahmanirrahiim. Video dokumenter ini mengisahkan perjalanan hidup Hujjatul Islam, Imam Abu Hamid Muhammad al-Ghazali (l. 1058 - w. 1111M). Selamat menyimak. Mudah2an bermanfaat.

For me personally, Imam al-Ghazali adalah cendekia muslim yang amat menarik perhatian saya. Ayah saya penggemar beliau dan sejak mudanya mengoleksi buku-buku terjemahan karya beliau. Menginjak remaja, ketika mulai timbul nafsu membaca, buku2 tersebut saya baca pula. Dari situ, yang sebelumnya saya memandang agama sebatas aturan2/tata cara ibadah dan muamalah, saya mulai mengetahui seluk beluk terkait hati dan persoalannya. Beliau menguraikannya dengan detil dalam bukunya dilengkapi dengan beberapa kisah2 yang beredar di zamannya.

Menginjak dewasa, setelah sedikit2 paham bahasa Inggris, saya mencari2 terjemahan kitab2 beliau, ada yang berbahasa Indonesia, ada yang berbahasa Inggris. Diantara karya beliau yang pernah saya baca:

Ringkasan Ihya 'Ulumuddin (id)
Minhajul 'Abidin (id)
al-Munqidz min ad-Dholal (en)
Fayshal at-Tafriqa bayna al-Islam wa al-Zandaqa (en)
al-Qistash al-Mustaqim (en)
Ayyuhal Walad (en)
Jawahir al-Quran (en)
Kaimiyah as-Sa''adah (id)
Misykat al-Anwar (en)
dll.. buku2 kecil terjemah, yang sepertinya diambil dari Ihya'

Tidak semua yang saya baca saya ingat. Namun membaca kitab2 beliau adalah pengalaman pribadi yang menarik buat saya. Hal tentang beliau yang membuat saya tertarik adalah keunikan perjalanan hidupnya, yang pernah saya baca dari otobiografinya di al-Munqidz min ad-Dholal. Beliau orang jenius, cerdas fikirannya, jago debat, cepat memahami, kritis, tidak terjebak mainstream, kuat hafalannya, dan dengan potensi2 tersebut beliau dipercaya menjadi rektor universitas Nizamiyah di Baghdad. But....

Something happened to him... maaf belum bisa melanjutkan tulisan... sekiranya tertarik, silakan membaca karya2 beliau. Mudah2an bermanfaat.



No comments:

Post a Comment