Dengan Nama Alloh Sang Maha Pengasih Sang Maha Penyayang
Judul: Desain dan Visualisasi Kansei Sistem E-Learning Menggunakan Algoritma Genetik dan Aturan Fuzzy
Penulis: Mochamad Nur Qomarudin, Yusuf Bilfaqih, Achmad Jazidie
Unduh file (.pdf) untuk makalah lengkap
Abstrak – Sistem e-learning harus memperhatikan ranah afektif untuk meningkatkan kualitas pembelajaran karena sangat terkait dengan tujuan kognitif. Desain kansei sistem e-learning adalah pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini untuk melibatkan ranah afektif di dalam e-learning. Kansei diartikan sebagai kesan subjektif seseorang terhadap sekitarnya yang ditangkap dengan panca indera. Makalah ini melaporkan hasil desain kansei sistem e-learning menggunakan Kansei Engineering. Hasil desain kansei diintegrasikan ke dalam sistem visualisasi automatis yang sudah dirancang dan diimplementasikan di dalam penelitian ini. Sistem visualisasi automatis memberikan kesempatan bagi pembelajar untuk menentukan tampilan sistem e-learning berdasarkan kansei yang dikehendaki. Sistem ini disusun dari dua bagian utama yaitu bagian desain dan bagian evaluasi. Bagian desain bertugas untuk membuat beragam tampilan e-learning secara numerik menggunakan operasi genetik sedangkan bagian evaluasi melakukan penilaian dari setiap tampilan yang telah dibuat berdasarkan tingkat kesesuaiannya dengan keinginan pembelajar. Tampilan yang memiliki tingkat kesesuaian tertinggi akan divisualisasikan sebagai tampilan e-learning. Hasil yang didapatkan dari penelitian ini adalah spesifikasi teknis/kaidah desain tampilan e-learning yang merefleksikan empat belas kansei positif dalam pembelajaran. Kaidah desain tersebut digunakan sebagai informasi dasar bagi sistem visualisasi automatis untuk menghasilkan tampilan yang diinginkan oleh pembelajar. Hasil pengujian menyatakan bahwa sistem visualisasi ini dapat memuaskan keinginan pembelajar serta meningkatkan kualitas hasil pembelajaran.
Kata Kunci: algoritma genetik, e-learning, fuzzy, kansei.
Segala Puji Milik Alloh Tuhan Semesta Alam
No comments:
Post a Comment