Monday, July 16, 2012

IMS Learner Information Package

Dengan Nama Alloh Sang Maha Pengasih Sang Maha Penyayang

Semua informasi tentang setiap peserta didik seperti data diri, nilai, keanggotaan, aktivitas belajar, preferensi dan lain sebagainya dipantau dan direkam serta dikemas sebagai sebuah profil peserta didik. Setiap peserta didik yang terdaftar dalam sistem e-pembelajaran memiliki sebuah profil yang berbeda dengan peserta didik yang lain. Beberapa organisasi internasional telah mengembangkan spesifikasi teknis yang mengatur tentang learner profile atau profil peserta didik sebagai sebuah standar sehingga memungkinkan pertukaran data profil antarplatform sistem yang berbeda. IMS Learner Information yang dikeluarkan oleh IMS Global Learning Consortium (IMS Global Learning Consortium, 2001) dapat berperan sebagai model peserta didik. Dalam spesifikasi ini, profil peserta didik direpresentasikan sebagai satu paket informasi yang unik untuk tiap peserta didik dan memuat delapan kategori utama seperti dalam Gambar ‎1.
image
Gambar ‎1 Struktur data IMS Learner Information Package (IMS Learner Information Package Specification, 2001)
  • Identifikasi: Data biografi dan demografi terkait dengan pembelajaran,
  • Tujuan: Tujuan dan aspirasi pembelajaran, karir, dan yang lain,
  • Kualifikasi, Sertifikasi, dan Lisensi (KSL): Kualifikasi, sertifikasi, dan lisensi yang dianugerahkan oleh lembaga berwenang,
  • Aktivitas: Aktivitas terkait pembelajaran dalam setiap tahap belajar. Meliputi pendidikan formal dan informal, pelatihan, pengalaman kerja, pelayanan militer dan warga sipil,
  • Transkrip: Rekam data yang digunakan untuk mengeluarkan ringkasan capaian akademik dalam institusi. Struktur dari transkrip dapat bervariasi,
  • Kesenangan: Informasi yang menjabarkan hobi dan aktivitas penyegaran,
  • Keanggotaan: Keanggotaan dalam organisasi profesional, dll. Keanggotaan dalam grup tercakup dalam IMS Enterprise Spesification,
  • Aksesibilitas: Aksesibilitas secara umum terhadap informasi peserta didik yang didefinisikan melalui kemampuan bahasa, ketidakmampuan, eligibilitas, preferensi belajar yang meliputi preferensi kognitif (seperti gaya belajar), preferensi fisik (seperti cetak ukuran besar), dan preferensi teknologi (seperti platform komputer tertentu),
  • Keamanan: Kumpulan password dan kode keamanan untuk melakukan transaksi dengan sistem dan layanan informasi peserta didik,
  • Keterkaitan: Kumpulan relasi antarkomponen inti.
 
ReferensiIMS Global Learning Consortium, 2001, http://www.imsglobal.org/profiles/
Segala Puji Milik Alloh Tuhan Semesta Alam

No comments:

Post a Comment