Friday, September 18, 2015

Bedanya DFT dan DTFT (Fourier Transform)

DFT adalah singkatan dari Discrete Fourier Transform dan DTFT adalah Discrete-Time Fourier Transform. Kedua singkatan ini hampir mirip, tetapi konsepnya berbeda.
DTFT adalah transformasi Fourier (konvensional) dari sinyal waktu diskrit. Hasilnya adalah spektrum frekuensi versi kontinyu dari sinyal tersebut. Misalnya: digunakan untuk mencari spektrum frekuensi dari sinyal hasil sampling x(kT) dari sinyal waktu kontinyu x(t).
DFT adalah versi diskrit dari hasil DTFT. DFT digunakan untuk menghitung spektrum frekuensi dari sinyal waktu diskirt dengan komputer, karena komputer hanya bisa melibatkan bilangan berbatas.
Persamaan DTFT
image
Deskripsi: mencari spektrum frekuensi versi kontinyu X(ω) dari sinyal waktu diskrit x[n] dengan menggunakan deret kontinyu dari −∞ s.d. +∞.
Persamaan DFT
image
Deskripsi: mencari spektrum frekuensi versi diskrit X[k] dari sinyal waktu diskrit x[n] dengan menggunakan deret diskrit dari 0 s.d. N-1.
Contoh Spektrum Frekuensi untuk DTFT dan DFT
image
Referensi
http://dsp.stackexchange.com/questions/16586/difference-between-discrete-time-fourier-transform-and-discrete-fourier-transfor
https://en.wikipedia.org/wiki/Discrete_Fourier_transform
https://en.wikipedia.org/wiki/Discrete-time_Fourier_transform


--------------------------------------------------------------------------------------
by Nur Q | alfiyahibnumalik@gmail.com | 085733484101 | Surabaya | Indonesia








1 comment:

  1. Mas NurQ, gambarnya sepertinya misleading. Gambar paling bawah kiri adalah transformasi Fourier (CTFT) dari sinyal kontinu. Gambar sebelah kanannya adalah bentuk diskritnya. Gambar DTFT dan DFT ada di bawah kedua gambar tersebut di referensi yang ditulis.

    ReplyDelete