Friday, January 12, 2018

Sharable and Reusable eLearning ITS (Share ITS)

Alhamdulillahirabbil'alamiin . . .
Syukurku tiada terkira kehadirat Allah Ta'ala
Dia mengajari apa saja yang Ia kehendaki kepada siapa saja yang Ia kehendaki

entah kenapa, saya ingin menulis2 sambil mengenang2 beberapa pengalaman yang Allah berikan dalam dunia web. karena dengan mengenang itu, mengingatkanku untuk banyak banyak bersyukur.

laman depan Share ITS elearning

di masa kuliah, sebagian besar matakuliah yang saya pelajari adalah terkait engineering, elektro, teknik kendali dan seputarnya. entah kenapa, takdir menerpa saya mengambil tugas akhir tentang elearning.



dengan itu, saya harus mengenal lms moodle, belajar dasar2 bahasa pemrograman php dan mysql, dan aplikasi server lokal XAMPP. berysukur pula, saya dipertemukan dosen pembimbing yang suabar dan berkenan mengajari saya hingga sekarang, Pak Yusuf Bilfaqih, semoga Allah membalas kebaikan2 beliau. dari tugas akhir itu, saya dapat ilmu awal terkait pemrograman web dan elearning.

setelah lulus, dasar saya orang freelancer, saya diajak Pak Yusuf bergabung di unit P3AI di kampus, yang salah satu tugasnya adalah memaintain elearning Share ITS. dalam menjalani misi ini saya belajar tentang server beneran, elearning beneran yang digunakan untuk blended learning di kampus. membuat tutorial, mengupdate, backup-restore, sosialisasi dan tutorial, dlsb. pengalaman yang sangat berharga buat saya sejak 2010, saya bertemu dan satu tim dengan Bapak Ibu dosen yang baik2 ramah dan hebat2 di kampus. hingga pada akhir 2016, unit P3AI terkena restrukturisasi dan selesailah takdir saya dengan Share ITS. Insya Allah, Share ITS akan dipegang oleh rekan yang lebih kompeten dan lebih berkembang.

No comments:

Post a Comment