Dengan Nama Tuhan Semesta Alam, Sang Maha Pengasih dan Maha Penyayang
“Akhirat itu terlalu nyata
kepada hati yang tidak buta” – Raja Ali Haji -
Objek Pembelajaran, atau Learning Object, adalah kumpulan aset digital yang dirangkai untuk menempuh Tujuan Belajar tertentu. Jika jumlah objek amat banyak, maka perlu dirancang sistem pencari objek. Sistem pencari perlu memeringkat objek berdasarkan tingkat relevansi atau kesesuaiaan dengan kebutuhan peserta didik, sehingga diperlukan metrik pemeringkatan relevansi.
Untuk merancang metrik pemeringkatan relevansi, perlu dipahami makna “relevansi” dalam konteks pencarian objek pembelajaran. Borlund[1] menyimpulkan bahwa relevansi adalah konsep multidimensional dan tidak ada mekanisme pengukuran tunggal. Borlund mendefinisikan empat tipe relevansi yang independent:
- relevansi sistem atau algoritmik; menyatakan seberapa cocok query dan objek,
- relevansi topik; menyatakan relasi antara objek dengan topik,
- relevansi kegunaan, kognitif, atau personal; menyatakan relasi antara informasi tentang objek dan informasi tentang pengguna,
- relevansi situasional; menyatakan relasi antara objek dan tugas (yang didapatkan dari informasi kebutuhan).
Selanjutnya, Duval[2] mendefinisikan sembilan karakteristik relevansi objek. Sembilan ini dapat dipecah lagi menjadi sebelas karakteristik. Tabel 1 menunjukkan kesebelas karakteristik Duval yang dikelompokkan menurut dimensi Borlund.
Tabel 1 Pemetaan karakteristik Duval ke dimensi relevansi Borlund
Relevansi Topik | |
Tujuan Belajar | Apa yang ingin dipelajari oleh pembelajar |
Relevansi Personal | |
Motivasi Belajar | Mengapa pembelajar ingin belajar |
Budaya | Budaya pembelajar |
Bahasa | Bahasa yang dipahami oleh pembelajar |
Tingkat Pendidikan | Usia dan latar belakang pendidikan |
Aksesibilitas | Keahlian auditori, visual dan gerak |
Relevansi Keadaan | |
Kondisi Pembelajaran | Aktivitas seputar objek pembelajaran |
Ketersediaan Waktu Belajar | Ketersediaan waktu untuk mempelajari objek pembelajaran |
Jadwal Belajar | Waktu ketika pembelajaran berlangsung |
Tempat Belajar | Tempat dimana pembelajaran berlangsung |
Ruang Belajar | Kondisi dan keterbatasan fisik dan teknologi |
Karakteristik relevansi objek terkait dengan kebutuhan informasi, preferensi, dan konteks pengguna, tidak terkait dengan formulasi query, sehingga tidak dipetakan ke dalam dimensi relevansi algoritmik.
___________________
[1] P. Borlund, “The concept of relevance in IR,” Journal of the American Society for Information Science and Technology, 2003
[2] E. Duval, Policy and Innovation in Education – Quality Criteria. European Schoolnet, 2005
No comments:
Post a Comment