Sunday, April 21, 2013

Tipe Relevansi Objek

Dengan Nama Tuhan Semesta Alam, Sang Maha Pengasih dan Maha Penyayang

Akhirat itu terlalu nyata
kepada hati yang tidak buta
– Raja Ali Haji -

Objek Pembelajaran, atau Learning Object, adalah kumpulan aset digital yang dirangkai untuk menempuh Tujuan Belajar tertentu. Jika jumlah objek amat banyak, maka perlu dirancang sistem pencari objek. Sistem pencari perlu memeringkat objek berdasarkan tingkat relevansi atau kesesuaiaan dengan kebutuhan peserta didik, sehingga diperlukan metrik pemeringkatan relevansi.

Untuk merancang metrik pemeringkatan relevansi, perlu dipahami makna “relevansi” dalam konteks pencarian objek pembelajaran. Borlund[1] menyimpulkan bahwa relevansi adalah konsep multidimensional dan tidak ada mekanisme pengukuran tunggal. Borlund mendefinisikan empat tipe relevansi yang independent:

  1. relevansi sistem atau algoritmik; menyatakan seberapa cocok query dan objek,
  2. relevansi topik; menyatakan relasi antara objek dengan topik,
  3. relevansi kegunaan, kognitif, atau personal; menyatakan relasi antara informasi tentang objek dan informasi tentang pengguna,
  4. relevansi situasional; menyatakan relasi antara objek dan tugas (yang didapatkan dari informasi kebutuhan).

Selanjutnya, Duval[2] mendefinisikan sembilan karakteristik relevansi objek. Sembilan ini dapat dipecah lagi menjadi sebelas karakteristik. Tabel 1 menunjukkan kesebelas karakteristik Duval yang dikelompokkan menurut dimensi Borlund.

Tabel 1 Pemetaan karakteristik Duval ke dimensi relevansi Borlund

Relevansi Topik  

Tujuan Belajar

Apa yang ingin dipelajari oleh pembelajar

Relevansi Personal

 
Motivasi Belajar

Mengapa pembelajar ingin belajar

Budaya

Budaya pembelajar

Bahasa

Bahasa yang dipahami oleh pembelajar

Tingkat Pendidikan

Usia dan latar belakang pendidikan

Aksesibilitas

Keahlian auditori, visual dan gerak

Relevansi Keadaan

 

Kondisi Pembelajaran

Aktivitas seputar objek pembelajaran

Ketersediaan Waktu Belajar

Ketersediaan waktu untuk mempelajari objek pembelajaran

Jadwal Belajar

Waktu ketika pembelajaran berlangsung

Tempat Belajar

Tempat dimana pembelajaran berlangsung

Ruang Belajar

Kondisi dan keterbatasan fisik dan teknologi

Karakteristik relevansi objek terkait dengan kebutuhan informasi, preferensi, dan konteks pengguna, tidak terkait dengan formulasi query, sehingga tidak dipetakan ke dalam dimensi relevansi algoritmik.

Baca Selengkapnya (pdf)

___________________
[1] P. Borlund, “The concept of relevance in IR,” Journal of the American Society for Information Science and Technology, 2003
[2] E. Duval, Policy and Innovation in Education – Quality Criteria. European Schoolnet, 2005

No comments:

Post a Comment