Wednesday, December 17, 2014

ATLAS Particle Detector

Bismillah. Untuk menemukan sesuatu yang benar-benar kecil, mereka membangun alat eksperimen yang benar-benar besar. Mengapa rela demikian? karena sesuatu yang kecil tersebut sangat penting dan fundamental khususnya bagi pengembangan sains dan teknologi.

god-particle-lead

Particle Detector, ATLAS, CERN

Seberapa besar? Besar sekali, alat eksperimen ini ditempatkan kira-kira 100 meter di bawah tanah dan mengelilingi kota Swiss.

Apa yang dicari? Mereka mencari partikel Higgs, suatu partikel yang diyakini sempat terbentuk 10-12 detik pasca ledakan besar (big bang) penciptaan alam semesta empat belas milyar tahun lalu. Partikel ini diyakini memiliki bobot yang cukup berat sehingga tidak stabil dan terpecah menjadi partikel-partikel yang lebih ringan. Partikel ini juga disebut sebagai partikel ‘Tuhan’ karena partikel-partikel lain memiliki bobot karena berinteraksi dengan partikel Higgs ini.

Mengapa perlu membangun alat eksperimen sebesar ini? Mereka ingin menciptakan partikel Higgs walau sesaat, dengan cara memercepat proton dan menabrakkannya. Energi dari tumbukan proton ini cukup untuk membuat partikel Higgs tersebut walau hanya sesaat sebelum partikel ini terpecah menjadi partikel-partikel yang lebih kecil. Untuk memercepat proton inilah dibutuhkan alat sebesar ini.

Apa hikmahnya? tidak semua hal kecil itu tidak penting, bahkan bisa jadi sangat penting, bahkan luas sekali pengaruhnya, selidiki lebih dulu.

Referensi: BBC Horizon Hunt for The Higgs

No comments:

Post a Comment